Sabtu, 09 Mei 2020

JB CLASS : ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

Untuk pencegarahan penyebaran covid-19, pemerintah telah menetapkan kebijakan work from home dan pembelajaran daring untuk peserta didik.

Pembelarajan daring ini tentunya tidak memberatkan kita sebagai guru, karena pembelajaran daring bisa dilaksanakan dengan menggunakan kelas-kelas maya yang telah tersedia. Kelas-kelas maya yang telah tersedia antara lain Google Clasroom, E-learning, Microsoft Teams dan Jogja Belajar Class atau JB Clas yang akan saya kupas sedikit bagaimana pembelajaran daring dengan JB Class.

JB Clasa adalah salah satu alternatif pembelajaran daring atas kerjasama antara Pemerintah Provinsi DIY dan Balai Teknologi Pendidikan Yogyakarta. Saya mengenal JB Class ini dari pelatihan yang saya ikuti yaitu pelatihan VCT Batch 6 DIY. Di bawah ini tugas-tugas yang saya selesaikan pada kelas JB Class :

1. Membuat akun JB Class
Kita dapat membuat akun JB Class melalui link berikut ini: http://jbclass.jogjabelajar.org/home.php
Setelah masuk di halaman beranda, kita pilih daftar dan mengisi biodata yang diminta.
Di bawah ini screen shoot akun JB Class saya :
 
Link screen shoot di atas : http://gg.gg/sc_akunjbclass

2. Membuat kelas di JB Class

Setelah membuat akun JB Class, kita bisa membuat kelas maya dengan memilih membuat kelas baru. Di bawah ini screen shoot kelas yang sudah berhasil saya buat :


Link screen shoot di atas : http://gg.gg/sc_kelasjbclass

3. Membuat Materi di JB Class

Setelah kita berhasil membuat kelas, kita bisa mengupload materi di kelas yang sudah kita buat tadi. Di bawah ini screen shoot tampilan saat kita berhasil membuat materi di kelas :
 

Link screenshoot di atas : http://gg.gg/sc_materijbclass

4. Membuat soal di JB Class

Selain mengupload bahan ajar, kita bisa juga membuat soal di JB Class. Soal bisa berupa pilihan ganda maupun isian singkat dan uraian. Di bawah ini salah satu tampilan saat kita membuat soal :
 


Link  screen shoot di atas : http://gg.gg/sc_soaljbclass

5. Membuat Tugas Kelas di JB Class

Selain upload materi dan membuat soal, JB Class juga memfasilitasi upload tugas untuk memberikan tugas ke peserta didik.
Di bawah ini screenshoot saat kita berhasil upload tugas di JB Class :


Link screen shooot di atas: http://gg.gg/sc_tugasjbclass


Nah, di atas sedikit paparan hasil tugas JB Class saya di pelatihan VCT Batch 6...

Mudah saja, kan, penggunaan JB Class ??  Bapak/Ibu pembaca blog saya khususnya yang bertepat tinggal di Yogkakarta, dapat menggunkan JB Class ini sebagai alternatif pembelajaran daring yang sangat lengkap fasilitasnya.

Semangat, semoga semakin maju pendidikan di Indonesia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar