Rabu, 29 April 2020

OFFICE 365 : PRODUK LAYANAN FULL KEREEN...


           Microsoft Office 365 adalah Sebuah paket layanan produk-produk microsoft untuk memberikan efisiensi kerja serta meningkatkan produktifitas dalam pekerjaan perusahaan maupun pendidikan. Layanan ini berbasis komputasi awan atau yang dinamakan Cloud Computing, artinya kita tidak perlu menginstal layanan ini di komputer atau perangkat yang lain cukup dengan koneksi internet aktif saja.

            Saya mengenal microsoft office 365 ini berawal dari salah satu vicon pelatihan VCT Batch 6 DIY yang pernah saya ikuti. Saya sangat tertarik dengan vicon tersebut yang saat itu mengupas tentang power point yang ada di office 365. Dari paparan presenter vicon, ternyata power point yang dimiliki office 365 lebih lengkap dan lebih keren dari power point yang biasanya. Salah satunya adalah kita dapat membuat animasi yang dapat diputar tiga dimensi yangs seolah-olah gambar nyata. Dari vicon ini saya sangat penasaran dengan office 365.

           Alhamdulillah gayung bersambut. Rasa penasaran saya kali ini bisa terobati dengan adanya pelatihan jarak jauh yang diselenggarakan oleh Edutech Madrasah dengan tema Microsoft Office 365 Untuk Pendidikan. Tanpa pikir panjang, saya mendaftarkan ikut pelatihan dan Alhamdulillah terkonfirmasi jadi salah satu peserta.

          Dari edutech Madrasah, saya mendapatkan akun office 365 gratis yang dikirim melalui email. Setelah saya login ke akun saya, wooowwwwwwww.... banyak sekali aplikasi yang ditawarkan oleh office 365. Tidak hanya microsoft word, excell atau power point saja. Selain itu ada Microsoft Outlook, OneNote, Publisher OneDrive, Microsoft Teams, Microsoft Forms, Skype for Business, SharePoint, Yammer, dan lainnya.  Heemmmm.... lengkap banget...

         Saya sudah mencoba mengexplore power point yang ditawarkan office 365. Ternyata power point nya super kereeenn.. di sana sudah disediakan design template yang semuanya sangat menarik yang bisa kita ambil. Saya yakin jika kita menggunakan power point office 365 ini presentasi kita kian memukau anak-anak. Begitu juga untuk excell yang ditawarkan... heeemmmm..... template-templatenya lengkap banget.. salah satu contoh template excelnya adalah jadwal kelas, jadwal siswa, template anggaran,  grafik, dan sebagainya. Kita tinggal mengambil template sesuai dengan yang kita inginkan. Heemmm... memudahkan banget penyelesaian tugas-tugas kita.. Trus, bagaimana dengan aplikasi word yang ditawarkan office 365? Sama dengan power point dan excell yang sedikit saya kupas tadi, Word pada office 365 lebih lengkap dari pada word biasa. Di situ disediakan banyak desain yang kita tinggal mengambil sesuai yang kita inginkan. Ada template brosur, buletin, koran dan sebagainya. Woow... Mantap...

        Selain word, excell dan power point, office 365 juga menawarkan kelas maya seperti google classroom yang dinamakan Microsoft teams. Kita bisa memberikan materi dan tugas di microsoft teams. Selain itu, office 365 juga terdapat microsoft Form, yang bisa digunakan layaknya google form untuk membuat survei atau membuat soal kuis kepada siswa. Heemmmm... Produk yang benar-benar lengkap....

         Penasaran tampilan office 365 dan aplikasi-aplikasi yang ditawarkan?? Lihat video tutorial dari saya tentang cara masuk portal office 365 dan aplikasi-aplikasi yang ditawarkan office 365 di bawah  ini :
https://m.youtube.com/watch?v=VDAjuENyQ4s

         
    Terima kasih tak terhingga kepada  Edutech Madrasah yang  telah mengenalkan saya lebih jauh tentang Microsoft Office 365.. 
     Explore's adventure of Office 365 has begin..... 

     Terima kasih juga untuk pelatihan-pelatihan online yang telah diselenggarakan demi kemajuan madrasah. Semoga Edutech Madrasah semakin berjaya... 


Bagi teman-teman pembaca blog yang ingin mengenal lebih jauh tentang edutech  Madrasah dan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Edutech dan atau juga ingin mendaftar sebagai anggota Edutech Madrasah sehingga bisa update pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan, kepoin web Edutech Madrasahnya di : 




Ayo..  kita upgrade kemampuan  kita...


#eduma  #edutechmadrasah #office365

Madrasah Hebat Bermartabat





1 komentar: