Senin, 11 Mei 2020

DEPLOY OFFICE 365 : ALHAMDULILLAH, SUKSESSS.....


Alhamdulillah.... proses deploy akun microsoft office 365 ke domain madrasah sukses...
Di atas adalah screenshoot tampilan halaman awal saat saya dan Bapak Ibu Guru dan juga siswa MTs Negeri 2 Sleman login ke akun microsotf office yang sudah saya daftarkan.

Yaaaa...... Sekarang, Bapak Ibu guru dan siswa di MTs Negeri 2 Sleman sudah memiliki akun microsoft office 365 yang bisa digunakan sebagai alternatif pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 dengan fasilitas Microsoft Teams.

Selain microsoft teams, bapak ibu guru dan siswa juga  dapat menggunakan fasilitas lainnya seperti microsoft word, microsoft excell, microsoft power point yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan microsoft biasa. Selain itu juga dapat menggunakan fasilitas yang sangat lengkap yang telah saya bahas diposting saya sebelumnya di blog ini.

Bagaimanakah cerita Bapak Ibu guru dan siswa bisa mendapatkan akun microsoft office 365?
Cek pegalaman saya di bawah ini ya...

Bapak Ibu guru dan siswa agar dapat menggunakan semua fasilitas yang ada di microsoft 365 secara online dan gratis syaratnya harus memiliki username dan pasword. Proses deploy yang saya lakukan ini dalam rangka memberikan username dan pasword tadi agar bisa login ke microsoft office 365 dan mengugunakannya secara gratis pada masa uji coba. Masa uji coba penggunaan microsoft office ini berlangsung dari tanggal 7 Mei 2020 sampai dengan 7 November 2020, yang nantinya masa uji coba ini bisa diperpanjang lagi.

Banyak langkah yang harus saya lakukan pada saat deploy microsoft office 365 ini agar bapak ibu guru dan siswa memiliki akun.
Langkah-langkahnya antara lain :
1. Mempersiapkan domain. Domain yang saya siapkan   adalah domain sch karena penggunaan microsoft office 365 ini akan saya gunakan untuk pendidikan.
2. Setelah mendapatkan domain, langkah selanjutnya adalah mendaftar dan membuat user untuk Office 365 dengan cara masuk ke https://products.office.com/id-id/academic/compare-office-365-education-plans dan kita memilih mulai secara gratis.
3. Mengisi data yang diminta sehingga akhirnya kita akan mendapatkan ID.
4. Setelah mendapatkan ID, kita mendaftar sebagai admin agar bisa memberi akun office ke semua bapak ibu guru dan siswa. Proses pertama yang dilalui yaitu verifikasi domain madrasah (dengan record DNS -> TXT, MX dan A)
5. Setelah domain madrasah kita berhasil terverifikasi, nanti di akun office kita akan ada tambahan menu admin office. Itu artinya, kita sudah terdaftar sebagai admin portal office 365.
6. Tahap selanjutnya adalah verivikasi domain di portal office. Pada tahap ini kita record DNS ke TXT, MX,  CNAME dan SRV.
7. Setelah verivikasi tahap kedua di portal admin ini berhasil, kita dapat menambahkan user bapak ibu guru dan siswa. Bapak Ibu dan siswa akan medapatkan username dan pasword masing-masing.

Hemmmm.... ini benar-benar pengalaman saya yang pertama kali berkaitan dengan domain dan record DNS. Alhamdulillah.. instruktur dari Edutech memberikan materi dalam bentuk pdf dan video-video tutorial yang mudah diikuti.

Terima kasih Edutech Madrasah....
Pengalaman yang sangat menantang dan Alhamdulillah saya berhasil melaluinya..
Semangat selalu, Edutech Madrasah..
Semangat untuk selalu memajukan pendidik di madrasah..


#eduma   #edutechmadrasah   #office365pendidikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar