Jumat, 27 Maret 2020

VCT BATCH 6 DIY, TEMPAAN BELAJAR IT


        Berawal dari Flyer yang beredar di WA Grup Guru dan Pegawai MTs Negeri 2 Sleman, saya sangat tertarik untuk mengikuti kelas on line ini. Ketertarikan saya dengan kelas on line ini karena banyak sekali ilmu yang akan saya dapatkan jika mengikuti kelas ini. Saya berharap dengan mengikuti VCT Batch 6 DIY ini, ilmu IT saya yang masih sedikit bisa bertambah. Sebagai bonusnya, dengan mengikuti kelas ini, Insha Allah tidak akan mengganggu kegiatan belajar mengajar di kelas, karena pelaksanaannya dengan sistem daring (on line) di luar KBM.

        Awalnya, sempat kaget dan bingung juga ikut kelas ini dengan web-ex meetingnya. hehehe... karena belum berpengalaman sama sekali dalam penggunaan web-ex meeting. Hal ini mungkin juga dirasakan peserta yang lain. Buktinya, ketika ada pembelajaran dengan web-ex, banyak sekali suara-suara anak-anak kecil yang ikut masuk di room, dan terkadang juga tiba-tiba muncul video peserta yang mengikuti pelatihan. Hihihi.... ternyata, tidak hanya saya saja, banyak peserta lain yang belum paham dalam penggunaan michrophone, video, dan sebagainya di room web-ex... Itu pengalaman awal-awal ikut pelatihan. Setelah pembelajaran berlangsung beberapa pertemuan, sudah mulai berkurang suara-suara diluar pelatihan.

      Selain pengenalan Web-ex meeting, banyak sekali materi yang saya dapatkan dari pelatihan ini. Materi yang pertama setelah pembukaan kemarin adalah tentang Google Classroom. Google Classroom ini dipakai untuk menempatkan mater-materi dan tugas-tugas yang diharus dikerjakan selama mengikuti pelatihan. Mater yang ke dua, saya belajar trik-trik menjadi HMP yang baik. Apa itu HMP ? HMP singkatan dari Host, Moderator dan Presenter.. Ternyata, nantinya kita diminta untuk menjadi Host, Moderator dan Presenter di room web-ex... Oh My God.... bisa, berani, mampu dan pede nggak ya nantinya ?

     Selain google classroom dan trik-trik menjadi HMP yang baik, saya belajar tentang google drive, google doc, google spreadsheet, pembuatan flyer dan narasi, perekaman layar dan pengelolaan kanal youtube, mengelola link dan aplikasi QR-Code, pembuatan blog, pembuatan akun di Jogja Belajar, dan pembuatan story line dan video pembelajaran. WOW...... banyak banget materi yang keren-keren..

     Ending dari pelatihan ini adalah, saya harus dapat membuat semua yang telah diajarkan dari pelatihan. Hhhhmmmmm..... rasa pesimis, kurang pede, selalu saja menghampiri. Tapi semoga, saya bisa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan baik. Kalaupun ternyata nantinya tidak bisa selesai, saya sudah dapat ilmu yang sangat bermanfaat dari pelatihan ini. Terima kasih kepada seluruh Instruktur dan kepada seluruh pihak penyelenggara pelatihan ini. Semoga ilmu yang telah diberikan, mendapat balasan dan ganjaran yang berlebih dari Allah SWT. Aamiin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar